Kamis, 28 Maret 2013

menu sehat south beach diet

Menu ala South Beach Diet Diet sederhana pengganti karbohidrat dan lemak jahat dengan karbohidrat dan lemak baik. Setelah melakukan latihan Kikis Habis Lemak Membandel, kini waktunya kita melengkapinya dengan pola konsumsi south beach diet. Ini adalah metode diet yang diciptakan oleh Arthur Agatston, MD., dan Marie Almon, RD., yang awalnya dibuat untuk menurunkan bobot pasien yang kelebihan berat badan.

Aturannya sederhana, menggantikan karbohidrat dan lemak jahat dengan karbohidrat dan lemak baik. Plus, alih-alih kita makan 3 kali sehari, diet ini justru menyuruh kita kanan 5 kali sehari. Alasannya, agar perut selalu penuh. Sehingga kita tetap kenyang sepanjang hari dan terhindar dari nafsu makan berlebihan. Porsinya juga diatur tidak berlebihan. Pantangannya adalah segala jenis tepung dan gula. Ini artinya, kita tak boleh akrab dengan pasta, roti, kue, nasi, jus bergula, permen, atau teh manis. Dalam waktu 2 minggu, tubuh kita akan terbiasa dengan pola makan yang baru dan berat badan akan turun dengan cepat.

Supaya tidak keliru, inilah prinsip sederhana South Beach Diet yang wajib kita pahami : Sumber karbohidrat baik : Sayuran, buah, dan kecambah. Ketiganya mengandung serat yang lebih sulit dicerna oleh lambung. Selain itu, vitamin, mineral, dan phytonutrient di dalam sayur dan buah dapat mencegah kanker, sakit jantung, serta Alzheimer. Konsumsilah paling sedikit 1/2 porsi sayur saat pagi dan 2 porsi masing-masing untuk makan malam dan siang. Sumber lemak baik : Asam lemak tak jenuh tunggal. Ini banyak terdapat pada minyak zaitun murni, avokad, ikan laut, kacang-kacangan. Lemak baik berguna untuk menjaga kesehatan sel dan dapat memuaskan selera makan. Batasi penggunaan minyak tak lebih dari 2 sdm dan kacang tak lebih dari 1/4 cangkir (40 gr) dalam sehari. Sumber protein tanpa lemak : Sebab protein tanpa lemak lebih sulit diurai lambung dan tidak menyebabkan kadar gula melonjak. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan kita sering merasa lapar. Sumber lean protein yang baik adalah telur, dada ayam rebus tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan, dan kacang kedelai.

 Contoh Menu : Sarapan Snack Pagi Makan Siang Snack Sore Makan Malam Snack Malam - Jus Tomat - 2 Potong telur dadar - 2 Lembar daging asap Kopi atau teh tanpa kafein dengan susu tanpa lemak - 1/3 buah avokad dihancurkan, keju tanpa lemak. - 2 sdm bawang bombay diiris halus, 1 sdm bawang putih di haluskan. - Daun ketumbar dan cabai kering, cincang halus. - Chiken Caesar Salad (tanpa roti kering) dengandressing rendah lemak. - 1 porsi salad kacang campur (black bean,kacang merah, kacang chickpeas) dengan 2 sdmvinaigrette dressing. - 1 Batang seledri besar dicocol dengan campuran keju tanpa lemak, bawang putih, bawang bombay. - Steak ikan gindara - 2 porsi salad sayur dengan pilihandressingrendah lemak dan rendah kalori. - Potongan lemon dan dua sendok makan keju ricotta,atau puding rendah kalori. Jika kita tekun melakukan diet ini beserta latihannya, maka dalam waktu 2 minggu, berat akan susut sebanyak 5 kg dan lingkar pinggang berkurang sebanyak 17 cm

 (catatan : menu bisa diganti sesuka hati asal tetap menjaga kandungan gizi didalamnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar